Kamis, 06 April 2017

Tempat Wisata di Uruwatu yang Memukau

Tempat wisata di Uruwatu - Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata andalan pulau Dewata yang terletak di ujung selatan Bali di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung.  Tempat ini adalah tempat popular untuk menikmati keindahan sunset / matahari terbenam.

Posisi Pura Uluwatu ini sangat unik karena bangunan ini dibangun di atas batu karang terjal dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan laut. Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan oleh Dewa Rudra.

Pura Uruwatu juga dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga  dari 9 mata angin atau disebut sebagai pura Sad Kahyangan. Pura Uluwatu ini juga terkenal  karena tempat di bawahnya adalah pantai Pecatu. 

Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk digunakan  sebagai tempat untuk olahraga selancar , bahkan terkadang even internasional seringkali diadakan di sini. 

Selain memiliki tempat berupa pura yaitu Pura Uruwatu yang berada diatas tebing, tempat wisata di Uluwatu juga menjadi tempat terbaik pementasan tari kecak dan juga memiliki pantai putih yang indah.

Pantai ini dikenal dengan nama pantai Suluban Uluwatu, namun di kalangan wisatawan Australia pantai ini dikenal dengan nama pantai Blue Point Uluwatu.

Pasti anda bertanya-tanya kenapa namanya berbeda? Apakah pantainya juga sama?

Pantai Suluban dengan pantai Blue Point Uluwatu merupakan pantai yang sama dan lokasi tempatnya juga sama tidak ada perbedaan sama sekali hanya berbeda nama.

Awal penyebab perbedaan name ini karena adanya hotel di atas pantai Suluban yaitu hotel dengan nama hotel Blue Point. Untuk memudahkan wisatawan Australia untuk mengingat disebutlah pantai Suluban dengan nama pantai Blue Point.

Jika ingin berkunjung ke pantai Suluban Uluwatu,  anda harus memerlukan usaha ekstra untuk dapat mencapai bibir pantai karena harus berjalan kurang lebih 200 meter dari areal parkiran kendaraan dengan menuruni anak tangga.

Pantai Suluban ini memiliki dua warna air laut, untuk bagian yang dalam akan berwarna biru tua dan bagian yang dangkal berwarna kehijauan bahkan pemandangan yang ada di dasar laut terlihat. 

Pantai ini dinamakan Selubung oleh wisatawan lokal karena setelah anda tiba di pantai ini dan menginjak kaki di pasir putih maka anda akan melihat jalan menuju bibir pantai yang diapit oleh dua tebing karang yang lumayan tinggi dan terlihat seperti lorong dan anda harus melewati lorong ini untuk mencapai bibir pantai.

Bagaimana menajubkan bukan keindahan tempat wisata yang ada di Uruwatu Bali? Jangan pernah melewatkan tempat wisata di Uruwatu saat anda berkunjung ke Bali. Jika anda tidak mampir ke obyek wisata di Uluwatu dijamin bakalan nyesel deh. Hehe... Semoga bermanfaat !

Artikel Terkait