Kamis, 16 Maret 2017

Tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok

Selain pulau dewata bali, Lombok merupakan tempat favorit untuk berlibur. Hal itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Keindahan alam yang sangat mempesonan menjadi magnet bagi wisatawan.

Lombok menawarnakn segudang tempat wisata yang sangat menarik, mulai dari keindahan pantai, pemandangan gunung, hutan-hutan rindang, wisata budaya, tempat bersejarah dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ditawarkan, Tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi saat berlibur. Jadi bukan hanya sangeh bali yang mempunyai wisata hewan monyet tapi Lombok pun mempunyai tempat wisata monyet.

Tempat Wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok


Tepat berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hutan Monyet Pusuk telah banyak dikunjungi wisatawan yang mendaki Gunung Rinjani ataupun yang sengaja datang untuk melihat tingkah polah kelucuan si monyet.

Karena Hutan Monyet Pusuk ini menjadi salah pintu gerbang menuju ke arah Gunung Rinjani sehingga pendaki juga sudah akrab akan segrombolan monyet yang datang. Dihuni ratusan monyet jenis ekor panjang yang jinak ini selalu akrab dengan kedatangan manusia.

Mereka selalui setia menanti untuk diberi makan pengunjung maupun peengendara yang sedang melewatinya. Jika anda yang ingin memberi makan monyet ini sebaiknya anda berhenti sejenak dan memanfaatkan kesejukan dari hutan ini.

Namun, yang perlu anda ketahui jangan sampai anda mengganggu ketenangan segerombolan monyet di Hutan Monyet Pusuk, karena jika mereka merasa terganggu dan tidak nyaman mereka justru akan menyerang dan melukai anda.

Tiket masuk tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok


Tiket masuk tempat wisata ini pun sangat murah, yaitu Rp. 2.000 per orang. Jika anda merupakan wisatawan yang takut tersesat jika datang sendirian. Maka anda dapat menyewa jasa guide untuk menemani anda dan berfoto di tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok.

Monyet disini memang sangat akrab dengan manusia, sambil beristirahan sekalipun, anda akan ditemani monyet yang meloncat-loncat dan berlari-lari disekitar. Sangat menggemaskan bukan melihat penghuni hutan berekor panjang ini?

Para penjual kuliner pun tentunya juga sudah akrab dengan kehadiran money, mereka tidak merasa terganggu dan tidak berminat untuk mengusir monyet ini. Inilah yang disebut kearifan budaya local karena adanya kerukuran antara dua makhluk yang berbeda ini.
 
Sebenarnya, kesempurnaan hubungan antara monyet dan manusia ini menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi kita. Mengapa demikian? Karena makhluk apapun yang ada disekitar kita wajib kita jaga dan rawat.

Terdapat pula makanan dan minuman khas Lombok yang harus anda cicipi, seperti tuak manis yang menjadi minuman tradisional khas Lombok. Suasanan pegunungan yang indah, udara yang sejuk, ditemani ratusan monyet ekor panjang sangat pas bila sambil mencicipi tuak manis.

Jadi tunggu apalagi? Segera berkunjung ke tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok ini dan nikmati keseruan jalan-jalan anda bersama monyet ekor panjang.

Artikel Terkait