Senin, 27 Maret 2017

Tempat Wisata Green Canyon di Jawa Barat

Jawa Barat memang identik dengan kota fashion. Banyaknya pusat perbelanjaan menyebapkan kurangnya minat para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang bernuansa alam.

Namun, kali ini saya akan memberikan informasi yang akan membuat anda takjub melihan keindahan wisata alam di Jawa Barat. Berikut ulasan mengenai tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat:

Tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat akrab dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh masyarakat sekitar, berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis.

Penamaan green canyon sendiri dari turis perancis yang melihat air sungai yang jernih kehijauan dan lumut hijau berlimpah disisi tebing.

Akses Menuju Green Canyon

Tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat ini memang agak sulit untuk wisatawan yang berasal dari luar Jawa Barat karena kita harus menempuh perjalanan yang lama.

Dari Dermaga Ciseureuh saja memakan waktu selama 30 sampai 45 menit dengan menggunakan perahu kayu atau disebut dengan ketinting. Tarif per orang adalah Rp. 75.000 dengan daya tampung maksimal lima orang. Anda dapat mengantri ketinting pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

Ketinting akan membawa anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanany nantinya anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Anda juga dapat mengabadikan lewat ponsel ataupun kamera yang anda miliki. Jika beruntung anda dapat melihat aneka satwa yang berkeliaran di sekitar sungai.

Permainan yang dapat dilakukan di Green Canyon

Siapa yang tidak tertarik dengan air sungai yang jernih dan segar? Pasti langsung ingin menceburkan diri bukan? Hehe. Namun, ingat bahwa arus sungai tidak selalu tenang maka kita harus mempersiapkan peralatan renang terlebih dahulu.

Kita bisa menyewa pelampung dan peralatan renang disana. Jangan lupa abadikan momen-monen kesayangan anda.  Jangan khawatir untuk anda yang tidak bisa berenang dapat melakukan kegiatan lainya seperti memancing dan panjat tebing.

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit adalah Body Rafting. Harga tiket yang ditawarkan berkisar Rp. 150.000 sampai Rp. 250.000. Pecinta adrenalin dapat memanfaatkan ketinggian tebing yang mencapai 9 meter untuk meloncat dan berenang.

Makanan yang disediakan

Setelah bermain dan menikmati pemandangan di tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat ini pasti kita akan merasakan lapar setelah seharian bersenang-senang.

Jika anda tidak membawa bekal makanan, satu-satunya lokasi tempat penjualan makanan ini ada di sekitar tempat parker. Terdapat beragama makanan yang dijual mulai dari makanan sunda, seafood, bakso, mie ayam, bubur ayam, dan lain-lain. Harganya pun relative.

Tips berwisata di Green Canyon

  1. Jangan lupa membawa baju ganti, karena disini anda akan banyak berinteraksi dengan air
  2. Jangan lupa membawa kamera untuk membidik segala momen yang ada sehingga dapat anda ceritakan kepada keluarga, sahabat tentang keindahan yang disuguhakan di wisata alam Green Canyon.
  3. Bawalah bekal makanan meskipun hanya cemilan untuk mengganjal perut karena penjual makanan hanya ada di area parkir yaitu tempat pintu masuk utama
  4. Terakhir, yang paling penting bawalah kantong plastik untuk membuang bungkus makanan agar kita tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kecantikan Green Canyon.

Sedikit informasi tambahan jam operasional tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Khusus hari jumat, Green Canyon buka pukul 13.00, setelah sholat jumat. Harga tiket masuk Green Canyon berkisar mulai Rp. 150.000-Rp. 250.000 tergantung paket wisata yang anda ambil.

Selamat berkunjung di tempat wisata Green Canyon di Jawa Barat.

Artikel Terkait