Kamis, 03 November 2016

5 Tempat Wisata Religi di Surabaya


Surabaya memang terkenal akan kota santrinya. Banyak pondok pesantren yang melahirkan tokoh-tokoh besar yang berpengaruh untuk negara kita. Ulama terkenal di Indonesia sebagian besar lulusan dari pondok pesantren di daerah yang menjadi ibu kota jawa timur yaitu Surabaya.

Banyak pula peninggalan bersejarah dari ulama besar di kota ini seperti masjid, makam dll. Tak heran pula jika kota ini menjadi salah satu tempat wisata religi di Surabaya. Berikut saya akan mengulas 7 tempat wisata religi di Surabaya yang dapat anda jadikan pilihan saat berlibur:


  1. Masjid Cheng Hoo Surabaya
    Masjid Cheng Hoo memiliki arsitektur yang sangat unik karena adanya perpaduan antara budaya Islam, China dan Jawa. Pintu masuk Masjid Cheng Hoo menyerupai bentuk pagoda. Terdapat pula relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafadz Allah dalam aksara Arab. 

    Nama masjid ini diambil dari nama Laksamana Cheng Hoo alias Sam Poo Kong atas jasanya menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Masjid ini terletak dikawasan Genteng, Surabaya.

  2. Masjid Rahmad
    Menjadi salah satu masjid yang menjadi warisan dari sunan ampel yang terletak di Jl. Kembang kuning No. 79-81, Surabaya. Pembanguna musholla ini terjadi tiba-tiba karena dalam perjalanan menyebarkan agama islam. Konon, musholla ini di bangun dalam waktu semalaman. Namun karena perkembangan zaman musholla ini direnovasi menjadi sebuah masjid.

  3. Masjid Sunan Ampel
    Didirikan pada tahun 1421 oleh Raden Mohammad Ali Rahmatullah alias Sunan Ampel dengan bantuan dua sahabatnya yaitu Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji (mbah belong) dan para santrinya. 

    Di lokasi masjid ini terdapat pula makam Sunan Ampel agar peziarah dapat melakukan sholat kemudian berziarah di sana. Uniknya masjid ini bisa tembus melihat Ka’bah karena kemampuan mbah belong melubangi dinding sebelah barat masjid.

  4. Makam Ki Ageng Bungkul
    Sebenarnya bungkul juga menjadi nama sebuah taman yang ada di Surabaya, taman yang indah dan terdapat pula tempat bermainnya. Disana juga tersimpan sejarah dan makam Mbah Bungkul.

    Ratusan tahun silam sebelum menjadi nama Surabaya dahulu lebih dikenal dengan “Pertapan Mbah Bungkul”. Mbah bungkul adalah seorang pejuang islam yang sangat terkenal pada jaman Kerajaan Majapahit.

  5. Makam Kyai Sedo Masjid
    Tempat wisata religi di Surabaya berikutya adalah Makam Kyai Sedo Masjid yang terletak di jalan Tembaan, tepatnya di kompleks makam tembaan. Kyai Sedo Masjid merupakan pejuang islam masa lampau yang gugur.

    Karena mempertahankan penggusuran masjid oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Tekatnya yang mempertahankan masjid untuk memperjuangkan islam patut kita kenang dan contoh.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata religi di Surabaya yang dapat anda kunjungi. Namun artikel diatas cukup mewakili beberapa tempat religi yang dapat anda jadikan pilihan berwisata religi.

Artikel Terkait